Makasih Awkarin, Dari Video Bad Girl Kamu Aku Jadi Paham Apa itu Personal Branding

I’m bad girl
Bila kau tak pernah buat dosa
Silahkan hina ku sepuasnya
Kalian semua suci aku penuh dosa

Lirik lagu milik Young Lex dan Awkarin ini seharian tadi memenuhi kantor saya, iya kantor yang berada dipojokan Jakarta Barat hampir Ciledug, Tangerang. Sekantoran, catat ya “satu kantor” mengejek lirik lagu ini khususnya dibagian “kalian semua suci aku penuh dosa”. Alay, norak dan kampungan itulah yang coba disampaikan teman-teman kantor.
“Apa sih”
Itu pendapat saya pas denger lagu ini, bukan karena liriknya tapi karena gaya menyanyi keduanya “kayak gak niat-niat banget nyanyi, Cuma buat happy aja si” itu yang terlontar dalam hati dan pikiran. Kemudian saya juga berpikir bahwa lirik lagu mereka ini murahan, rendahan, gak patut jadi panutan, kecuali buat penyanyi-penyanyi karbitan yang segera hilang ditelan zaman.
Tapi,,,lah setelah dipikir ulang sebenernya lagu itu kuat banget, buktinya setelah berpekan pekan berlalu (setelah launching) masih aja jadi pembicaraan dan diparodikan banyak orang. Mata saya juga nganga sewaktu open her  youtube dan liat video “bad girl” ini ternyata udah ditonton sama lebih dari 1juta kepala.
Saya gak peduli sama lagunya, langsung saya scroll kebawah, ya apalagi kalau bukan buat lihat komentarnya. Lucu nget banget deh, gak diduga ternyata fans Awkarin garis keras begitu loyalnya ya, ngelawan terus pengkritiknya dan menganggap Akwarin+ Lex gak ubahnya malaikat tanpa sayap.
Buat saya yang bekerja di ahensi, fenomena ini bener-bener “ruar biasah”. Saya salut dengan Awkarin, dengan hal-hal bodohnya saja bisa viral. Lah saya kok masih ngono ngono wae. Kalau kata temen saya yang orang Surabaya “Janc..”
Nah, nah yang saya pengin dicurhatin disini tu soal branding Awkarin yang menurut saya sangat-sangat berhasil, hingga diajak Lex yang menurut saya ikut naik popularitasnya setelah lagu Bad ini merebak dikalangan cabe-cabean Indonesia. Sebelum ada lagu bad ini saya bahkan gak tau kalau ada youtuber bernama Young Lex.
Young Lex dengan pinternya ya ngajak Awkarin duet, pas banget pas si gadis cantik itu heboh gegera video confessionnya soal putusnya dia dengan pacaranya. Baik Awkarin maupun Young Lex pastinya juga udah paham kok konsekwensi datangnya hujatan bertubi-tubi. Tapi justru itu dia yang bakal bikin nama mereka makin meroket.
Lagu Bad ini juga menurut saya branding yang ajiiiib bangat buat Awkarin, karena memang sebelumnya citranya sudah agak miring, Awkarin dengan lagu Bad ini seperti sedang mengukuhkan citranya sebagai cewek bad yang katanya masih dalam batas wajar. Buat saya sih minum-minum dan pegang titit cowok diusia segitu mah diluar batas kewajaran.
Ya itulah buat saya Awkarin jago banget kalau soal branding. Ngaku aja deh biarpun kamu maki-maki lagunya tapi tetep nyanyiin juga kan? Kalau Awkarin tahu mungkin dia bakal bilang gini kekamu.
“Tai lu”
So, ada banyak pelajaran branding yang saya tangkep dari si cewe tajir ini sih.
Pertama, kalau mau bikin personal branding coba deh pilih-pilih hal yang lagi happening, jangan cupu gaulnya Cuma sama buku. Kumpul-kumpul bareng temen dan update kegiatan di sosmed bisa jadi awal pembentukan personal branding. Kalo kamu perhatiin semua postingan Awkarin di instagram tu rapih banget lo,,ala-ala SWAG gitu..Gilak kan cewek yang kita kira dungu itu bahkan udah lebih pinter soal strategi instagram dibanding anak anak ahensi cupu seperti saya?
Kedua, story itu bisa dibikin dari hal kecil sekalipun bergantung cara kita ngebawanya. Gak beda jauh lah sama hypnowriting. Liat deh vlognya Awkarin yang paling ngehits itu semua soal kesedihan dan kepedian hidup anak remaja. Karin paham banget kalau orang Indonesia demen sama hal hal emosional, bahkan yang gak penting sekalipun.
Ketiga, udah targetin audiens sejak pertama kali posting sosmed. Ini mah udah gak usah dijelasin lagi lah ya. Awkarin kan paham banget audiensnya dedek dedek emes yang haus akan pergrepe grepean, ya yang dia posting di instagramnya soal itu itu semua. Bukan begok, dia Cuma lagi berusaha merangkul audiennsya, siapa tahu yah kan bisa di lead to conversion alias jualan produk.
Caem kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *